A A
RSS

Tips Atasi Rambut Rontok dengan Garam Laut

 

Apakah rambut Anda mengalami kerontokan? Untuk mengatasinya, berbagai cara dilakukan, salah satunya menggunakan bahan alam yaitu garam laut alami. Garam laut terbukti efektif mencegah kerontokan. Garam laut memiliki kandungan natrium, kalium, dan kalsium yang berfungsi mengurai penumpukan minyak berlebih pada kulit kepala dan mencegah infeksi jamur. Garam laut membantu meregenerasi sel kulit, mengurangi gatal, dan membersihkan pori-pori.

Bukan hanya itu, garam juga membersihkan ketombe, menstimulasi aliran darah, yang dampaknya mengurangi rambut rontok. Namun, kuncinya tetap pada moderasi atau penggunaan yang sewajarnya. Hal ini karena air di helai rambut memberi elastisitas dan kelembapan. Kandungan yodium yang tinggi dalam garam dapat melepaskan rambut dari air alami ini sehingga membuat rambut kering dan rapuh. Dari laman AyoBandung.com (melansir pada laman Boldsky), berikut ini adalah tiga cara penggunaan garam laut untuk mengatasi rambut rontok.

1) Masker Rambut Garam Laut

Bahan:
2 sendok makan garam laut
1 sendok makan minyak almond
1 sendok teh minyak biji gandum

Cara penggunaan:
Campur semua bahan yang telah disediakan menjadi satu ke dalam mangkuk. Kemudian basahi rambut Anda dan oleskan campuran bahan tersebut pada rambut Anda. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, pakai sampo dan bilas. Lakukan hal serupa secukupnya.

2) Tonik Garam Laut

Bahan:
1 sendok makan garam laut
1 gelas air panas

Cara penggunaan:
Pertama, panaskan air dalam panci. Setelah mendidih, tambahkan garam laut dan aduk sampai larut. Setelah itu, celupkan kain katun ke dalam larutan. Peras kain tersebut, lalu tepuk-tepuk pada bagian rambut yang mengalami kerontokan dengan kain. Tindakan ini akan mendetoksifikasi area tersebut, membunuh bakteri, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

3) Sampo Garam Laut

Bahan:
2 sendok makan garam
1 cangkir sampo

Cara penggunaan:
Untuk mengatasi rambut rontok, Anda juga bisa mencoba untuk menambahkan garam laut ke sampo Anda, aduk sampai tercampur rata. Biarkan menyatu selama 1 jam. Setelah itu, Anda bisa langsung memakainya seperti biasa. Jika cara ini membuat rambut Anda kering, tambahkan kondisioner ke dalam larutan.
Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

 

Sumber: https://www.ayobandung.com/read/2018/12/30/42545/garam-bisa-atasi-rambut-rontok
Disunting Oleh: HOOD

Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.