A A
RSS

Tertarik dengan Garam Jeneponto, Gubernur Ehime Jepang Tanam Modal di SulSel

Wed, Jan 16, 2019

Berita, Garam Dunia, Kesehatan, Top Artikel

 

Pada hari Selasa (15/01/2019), Gubernur Ehime Jepang, Tokihiro Nakamura berkunjung ke Sulawesi Selatan. Dalam kunjungannya, ia mendatangi Baruga Karaeng Pattingalloang Rumah jabatan Gubernur Sulsel, Jl Sungai Tangka, Makasssar. Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah mengatakan kunjungan ini dalam rangka kerjasama diberbagai sektor, salah satunya adalah rencana pembangunan industri Jepang di kabupaten Jeneponto. Menurutnya, jika selama ini bahan baku untuk industri garam di Ehime dari Chile dan negara lainnya. “Mereka selama ini tidak tahu, bahan baku garam di Indonesia sama dengan di Chile. Mengapa mereka jauh-jauh ke Chile, jika ada bahan baku di Indonesia. Maka diharapkan, ke depannya dari Indonesia, khususnya Jeneponto yang menyuplai bahan baku. “Jeneponto salah satu penghasil garam. Ehime punya industri garam. Tapi bahan bakunya dari Chile. Jeneponto tadi sudah melakukan pameran. Kita bilang, kita bisa menyuplai bahan baku untuk industri garam di Ehime dengan kondisi 90 persen. Tadi gubernurnya sudah mengatakan kenapa kita harus jauh-jauh ke Chile ternyata di Indonesia banyak bahan bakunya,” kata Nurdin.

Tidak hanya menjadi penyedia bahan baku garam, Nurdin ingin industrinya bisa juga dibangun di Sulsel. Sementara Nakamura menyampaikan, terkesima dengan kunjungan pertamanya ini, karena disambut dengan kendaraan yang dia berikan. Diketahui sebelumnya Ehime telah memberikan 157 kendaraan kepada Indonesia berupa ambulans, pemadam dan mobil sampah. “Ini merupakan kunjungan pertama. Saya terkesan, dijejerkan kendaraan yang kami berikan,” sebutnya. Demikian juga dengan pelaku usaha yang datang kali ini ada juga yang merupakan kunjungan pertama. “Mungkin cari terlebih dahulu potensi atau peluang usaha yang lebih lanjut. Namun demikian sebelumnya, pelaku usaha yang dari Ehime sudah ada yang membangun pabrik di sini,” katanya (Tribunnews.com).

Selanjutnya, dalam kunjungannya tersebut, Jepang resmi melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) untuk bekerjasama dan berinvestasi dalam sektor perikanan dan industri garam. Penandatanganan Lol ini dilakukan di Baruga Karaeng Pattingalloang, Rumah Jabatan Gubernur Sulsel di Jl Sungai Tangka (Kompas.com). Penandatanganan ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Sulsel dan Ketua DPRD Prefektur Ehime. Wali Kota Makassar, Wali Kota Palopo, Bupati Jeneponto dan Bupati Luwu Utara.

Menurut Nurdin, Gubernur Ehime datang bersama delegasi pengusaha dan perbankan dari Jepang untuk berinvestasi di Sulsel. Konkrit kerjasama ini dalam bidang peningkatan SDM, dalam bidang budidaya perikanan serta industry garam. “Ini cikal bakal untuk mereka merelokasi industri budidaya ikan ke Sulsel, itu yang konkrit. Selain kerjasama budidaya ikan dan industry garam, ada kerjasama peningkatan SDM. Nanti akan dikirim sekitar 20 perwakilan kita ke Jepang untuk belajar,” kata dia. Saat ditanya wilayah untuk budidaya ikan bersama Jepang, Nurdin belum menentukannya.

 

Sumber:
1. http://makassar.tribunnews.com/2019/01/15/gubernur-ehime-jepang-mau-garam-jeneponto
2. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/16/090700526/jepang-tanam-modal-di-sektor-perikanan-dan-industri-garam-sulsel

Disunting Oleh: HOOD

Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.