A A
RSS

Taukah Anda Garam Juga Berasal Dari Gunung Bukan Dari Laut ?

Wed, Jul 25, 2018

Artikel, Garam Dunia, Top Artikel

 

Pada umumnya, seperti yang kita tau garam adalah suatu zat berbentuk padat, kristal, dan berwarna putih yang merupakan hasil dari laut. Namun, Di Desa Long Midang, Kalimantan Timur, garam justru dihasilkan di atas gunung. Letaknya tepat berada di dalam sebuah sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan, yang merupakan sentra industri garam di Kalimantan Timur.
Lokasi desa ini cukup jauh dari laut, sekitar 100 km dengan ketinggian 2.400 mdpl (gnfi, 14/05/2018). Sama dengan garam laut, garam gunung yang dihasilkan di Krayan memiliki penampilan yang sama, yaitu seperti pasir dan berwarna putih. Tetapi ternyata garam gunung memiliki kandungan yodium yang lebih tinggi dibanding garam laut. Rasa garam gunung memang tak jauh berbeda dengan garam laut yang merupakan satu-satunya bumbu masak yang dipakai oleh masyarakat di Krayan (BPTB Kaltim).
Selain mengandung yodium yang tinggi, keistimewaan dari garam gunung adalah tidak merubah warna sayur. Saat memasak sayur yang diberi garam laut akan berubah menjadi layu, namun tidakdengan garam gunung yang membuat warna sayur tetap berwarna hijau segar. Untuk harga, garam gunung ini cukup mahal yaitu sekitar Rp 20.000. Tapi itu semua sebanding dengan asal garam yang tidak umum juga proses pembuatannya. Proses pembuatan garam gunung sedikit berbeda dengan garam laut. Bahan dasar berupa air sumur di Desa Long Midang direbus satu malam hingga air mengering. Setelah kering, air tersebut membentuk butiran kristal yang merupakan garam basah. Kemudian, garam basah ini dimasukkan ke dalam batang bambu dan dibakar hingga bambu habis terbakar api. Sisa bakaran inilah yang merupakan garam kering yang kemudian di bungkus daun dan siap dijual. Garam gunung asal Desa Long Midang sudah cukup dikenal sampai ke Malaysia dan Brunei Darussalam. Walau begitu, sayangnya keberadaan garam gunung ini justru belum banyak diketahui masyarakat Indonesia sendiri.

Sumber: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/05/14/unik-garam-di-tempat-ini-bukan-dari-laut

Disunting Oleh: Hood

Share

Tags: , , ,

Comments are closed.