A A
RSS

Sudah Tahu Cara Mengurangi Garam tapi Masakan Tetap Enak?

Thu, Oct 26, 2017

Artikel


Kunci kelezatan masakan memang terletak pada keseimbangan rasa manis-asinnya. Sebagian orang di dunia ini lebih menyukai rasa manis, sementara sebagian lagi terbiasa dengan makanan yang cita rasanya gurih-asin atau savory.

Jika selama ini gula dianggap sebagai pemicu berbagai penyakit berbahaya, kenyataannya konsumsi garam juga berpengaruh pada kesehatan. Garam mengandung sodium yang sifatnya menahan air di dalam tubuh. Di dalam tubuh kita gak cuma mengandung darah dan lemak, melainkan juga air yang diperlukan tubuh. Fungsinya menjaga keseimbangan suhu dan mengatur kekentalan darah serta memperlancar proses pencernaan. Jika air di dalam tubuh tertahan oleh garam, maka salah satu akibat yang paling terasa adalah berat badan naik.

Diet garam merupakan diet yang banyak dilakukan karena hasilnya cukup signifikan untuk menurunkan berat badan. Tapi, rasa masakan jika tak dibumbui garam memang aneh ya. Jangan khawatir, untuk mengurangi konsumsi garam, kamu bisa mencoba melakukan trik-trik berikut ini.

1. Tambahkan Rempah-rempah


Rempah-rempah punya rasa dan harum aromatik yang bisa menambah citarasa masakan. Kamu bisa menambahkan lada bubuk, oregano atau cabai bubuk ke dalam masakanmu. Gak perlu khawatir, rempah-rempah ini bebas kalori kok.

2. Rasa Asam Bikin Berselera


Seperti rempah, rasa asam juga mampu meningkatkan citrasa masakan. Tambahkan cuka atau kucuri sedikit jeruk nipis atau lemon di atas daging panggang.

3. Taburi Rumput Laut


Rumput laut memberikan rasa unik pada masakan. Rasa asinnya alami. Taburi dengan rumput laut kering yang biasanya sudah dijual dalam bentuk kemasan di supermarket.

4. Olah dengan Berbagai Metode


Rasa makanan bukan hanya perkara bahannya saja, melainkan juga teknik memasak. Teknik memasak yang variatif bisa membuat bahan-bahan yang biasa menjadi lebih kuat rasanya. Misalnya, ketimbang hanya dikukus, sayur-sayuran bisa dipanggang atau dimasak dengan cara slow-cooking untuk meningkatkan rasa asli dan mengubah teksturnya menjadi lebih nikmat.

Nah, sebetulnya diet garam itu gak susah dan gak selalu menyiksa karena rasanya hambar, kok. Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa memasak dengan metode yang lebih menyehatkan. Selamat mencoba!

Sumber:
https://food.idntimes.com/diet/sophia-marie/mengurangi-garam-pada-masakan/full

Share

Comments are closed.