A A
RSS

Sering Sakit Kepala atau Mudah Lelah? Bisa Jadi Tubuh Anda Kurang Garam

Thu, Nov 9, 2017

Kesehatan


Segala sesuatu yang berlebih atau kurang bisa berdampak negatif bagi tubuh. Misalnya saja garam, ternyata kekurangan garam bisa timbulkan efek ini bagi tubuh.

Konsumsi garam berlebihan memang dapat menyebabkan penyakit darah tinggi. Akan tetapi jika kekurangan juga bisa berdampak tak baik bagi tubuh. World Health Organisation (WHO) merekomendasikan Anda untuk tidak mengkonsumsi sodium lebih dari 2.300 miligram perhari. Artinya tidak lebih dari satu sendok teh.

Dilansir dari NDTV (03/11), Dietitian Neha Shetty, dari Reduce Talwalkar menjelaskan bahwa, “Kita selalu khawatir tentang asupan garam yang berlebihan tetapi sebaliknya, asupan garam yang rendah juga ada efeknya. Beberapa implikasinya seperti depresi, mual, muntah, kram, sakit kepala, cepat marah hingga kebingungan.”

1. Sakit kepala

Sistem saraf Anda memerlukan natrium untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Ketika kadar natrium turun, Anda akan merasakan sakit kepala. Jadi pastikan untuk tetap konsumsi garam dalam jumlah yang normal. Karena jika Anda tidak mengasup garam sama sekali, justru Anda akan merasa lemas dan tak bersemangat.

2. Mual dan muntah


Karena tubuh kita adalah sistem yang kompleks, ketika kelebihan atau kekurangan zat tertentu dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Bagian integral dari sistem peredaran darah Anda memastikan fungsi jaringan yang memadai.

Mual dan muntah adalah cara tubuh Anda menyingkirkan kelebihan air yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh.

3. Kebingungan

Sistem saraf Anda akan berkerja dengan baik tergantung pada tingkat natrium untuk mengirim pesan melalui neuron. Jika Anda kekurangan, kemungkinannya adalah otak Anda tidak akan mampu menerima pesan dan lebih lanjutnya akan menyebabkan kebingungan.

4. Kelelahan

Jika tubuh Anda memiliki natrium yang sedikit, maka kemampuan darah Anda untuk memberikan nutrisi dan membuang limbah menjadi terhambat. Efek selanjutnya Anda akan cepat merasa kelelahan.

5. Otot yang lemah dan kram

Jika otot tidak membuang limbah seperti kelebihan asam laktat karena kadar natrium darah yang rendah kemungkinan limbah dalam tubuh ini akan membuat kram dan kejang.

Meskipun baik untuk keseimbangan tubuh, Anda juga harus memastikan asupan garam Anda dalam batas normal. Tidak kurang ataupun lebih.

Sumber:
https://food.detik.com/info-sehat/d-3717267/sering-sakit-kepala-atau-mudah-lelah-bisa-jadi-tubuh-anda-kurang-garam

Share

Comments are closed.