A A
RSS

PRODUKSI GARAM TERUS BERTAMBAH, PEMERINTAH OPTIMIS CAPAI TARGET

Wed, Sep 5, 2018

Artikel, Berita, Kesehatan, Top Artikel

Dilansir dari laman katadata.co.id, dengan masuknya masa panen, pemerintah yakin mampu capai target untuk produksi garam sebesar 1,5 juta ton pada tahun ini. Data yang didapat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), produksi garam nasional secara keseluruhan mencapai 572.808 ton.
Dengan rincian hasil produksi dari PT Garam sebesar 572.808 ton dan sebesar 431.155 ton dari hasil produksi garam rakyat (katadata, 2018).

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP, Brahmantya Satyamurti menyampaikan bahwa dari jumlah tersebut akan bisa mencapai target yakni sebesar 1,5 juta ton garam yang diproduksi tahun ini.
Beliau menuturkan, produksi garam meningkat pesat pada bulan Agustus lalu. Contohnya pada tanggal 9 Agustus 2018, produksi garam rakyat telah mencapai 151.000 ton dan produksi dari PT Garam sebesar 101.000 ton. Sehingga total produksi garam pada periode tersebut mencapai 251.000 ton.
Brahmantya berpendapat bahwa hasil panen sudah mulai terlihat, terutama untuk program intensifikasi di Indramayu, Jawa Barat. Saat ini, dengan musim panen yang masih terus berlangsung diharapkan bisa meningkatkan jumlah produksi garam.

Dikesempatan lain, Jakfar Sodikin selaku Ketua Asosiasi Petani Garam Rakyat Indonesia (APGRI) juga menuturkan hal serupa. Beliau mengatakan, produksi garam rakyat sudah mencapai sekitar 750 ribu ton atau lebih tinggi dari perhitungan KKP. Dengan hasil tersebut, petani garam optimistis manargetkan total produksi hingga akhir tahun 2018 menjadi sebanyak 2 juta ton, lebih besar dari tahun lalu yang hanya sekitar 1,3 juta ton (katadata,2018). Sejalan dengan panen raya tahun ini yang terjadi sampai pada bulan Oktober 2018 nanti, Jakfar bependapat bahwa factor cuaca menjadi penentu. Ia berharap agar tidak terjadi hujan sampai musim panen raya selesai. Sehingga tercapailah target produksi garam di tahun 2018 ini.

Sumber: https://katadata.co.id/berita/2018/09/04/pemerintah-optimistis-capai-target-produksi-garam-15-juta-ton
Disunting Oleh: HOOD

Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.