A A
RSS

PERHATIKAN TAKARAN GARAM UNTUK BAYI DAN ANAK-ANAK ANDA

 

Seperti yang kita ketahui, garam adalah salah satu bahan yang wajib dicampurkan dalam masakan. Ini adalah salah satu bahan memasak yang paling penting. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, maka akan menimbulkan bahaya seperti tekanan darh tinggi, osteoporosis, penyakit pernapasan seperti asma, kanker perut dan kegemukan. Lalu,apa yang terjadi jika anak-anak mengonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi? Tahukah Anda, terdapat bukti yang menunjukkan bahwa kebiasaan makan anak-anak dapat memengaruhi jenis makanan yang akan dikonsumsinya di masa depan? Ini berarti bahwa jika Anda memberi anak Anda makanan yang mengandung sedikit garam, maka bisa jadi mereka akan makan makanan tanpa garam ketika mereka tumbuh besar. Nah, berapakah jumlah garam yang dibutuhkan anak-anak untuk dikonsumsi?

Sebenarnya, bayi dan anak-anak hanya membutuhkan sedikit garam dalam makanan mereka. Permasalahannya adalah jumlah garam dalam makanan yang Anda berikan kepada mereka seperti biskuit, roti, kacang panggang, dan sebagainya mengandung garam dalam jumlah besar.
Berikut jumlah maksimum garam yang direkomendasikan untuk bayi dan anak-anak:

1. Bayi baru lahir hingga 6 bulan – melalui ASI atau susu formula
2. Hingga 12 bulan – kurang dari 1 gr garam per hari (kurang dari 0,4 gr natrium)
3. 1 hingga 3 tahun – 2 gr garam per hari (0,8 gr natrium)
4. 4 hingga 6 tahun – 3 gr garam per hari (1,2 natrium)
5. 7 hingga 10 tahun – 5 gr garam per hari (2 gr natrium)
6. 11 tahun ke atas – 6 gr garam per hari (2,4 gr natrium)

Ketika Anda mulai memberikan makanan padat pada bayi Anda, sebaiknya jangan menambahkan garam karena ginjal mereka masih tidak dapat menerima. Anda juga disarankan untuk tidak menyediakan makanan yang tidak khusus disiapkan untuk bayi seperti sereal sarapan, karena mengandung kandungan garam yang tinggi. Banyak makanan yang diproduksi untuk anak-anak juga memiliki kandungan garam yang tinggi sehingga penting bagi Anda untuk terlebih dahulu memeriksa informasi nutrisinya sebelum membelinya.

Kandungan garam biasanya diistilahkan sebagai natrium. Sebagai panduan, makanan yang mengandung lebih dari 0,6gram natrium untuk setiap 100 gram, dianggap tinggi. Anda dapat menambahkan garam dalam makanan dengan mengalikan jumlah natrium menjadi 2,5. Misalnya, 1gram natrium untuk setiap 100 gram sama dengan 2,5 gram garam per 100 gram.

 

Sumber: http://www.erabaru.net/2018/09/29/garam-dalam-makanan-anak-anak-dan-dampaknya/

Disunting Oleh: HOOD

Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.