A A
RSS

PANEN GARAM PERDANA DI DESA TAPOBARAN, LEMBATA, NTT

 

Satu lagi, salah satu daerah penghasil garam nusantara yakni di Desa Tapobaran, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur. Pada hari kamis, 6 September 2018 kemarin, Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur melakukan panen perdana garam di Desa Tapobaran, Kec. Lebatukan, Kab. Lembata. Turut hadir dalam acara panen tersebut, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Lembata, Gabriel Warat didampingi Sekretaris Diskoperindag, Gaspar Lili Lasaren telah berada di lokasi tambak garam.

Lahan tambak garam di Desa Tapobaran kurang lebih memiliki luas sebesar 10 hektar setelah mengalami perluasan oleh dinas teknis Kab. Lembata. Sebelumnya lahan pengembangan garam tersebut hanya memiliki luas kurang lebih 2 hektar saja. Dalam proses perluasan lahan, tidak hanya lahannya yang ditambah, tetapi juga lokasinya ditata sehingga menjadi bagus dan lebih teratur. Salah satu contohnya adalah jika sebelumnya, hanya satu ruas jalan yang dibangun menuju lokasi tambak, saat ini sudah dua ruas jalan. Akses jalur keluar masuk tambakpun terkesan lebih rapi karena jalur yang dibangun memiliki masing-masing satu ruas sebagai jalan masuk dan yang satunya lagi sebagai jalan keluar.

Kemudian, bukan hanya akses jalan saja yang telah diperbaiki, pemerintah kab. Lembata juga membangun gudang sebagai tempat penyimpanan hasil panen garam. Gudang yang dibangunpun cukup besar dengan kapasitas tampungnya kurang lebih sekitar 100 ton garam (tribunnews.com, 2018).
Tak hanya itu. Telah dibangun pula gudang yang akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan garam. Gudang garam ity relatif besar, sehingga kapasitas tampunya bisa mencapai 100 ton garam.(*)
Sumber: http://kupang.tribunnews.com/2018/09/06/bupati-sunur-panen-perdana-garam-di-tapobaran

Disunting Oleh: HOOD

Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.