A A
RSS

Indah Sekali, Daratan Garam Terluas Ada di Bolivia

Mon, Jul 30, 2018

Artikel, Berita, Garam Dunia, Top Artikel


Jika biasanya garam identik dengan lautan, kali ini garam ada di daratan. Letaknya di negara bagian Amerika Selatan, lebih tepatnya di Provinsi Potosi dan Oruro, Bolivia bagian tenggara, Salar de Uyuni adalah daratan garam terluas di dunia berada dekat puncak Gunung Andes pada ketinggian 3.656 meter dengan luas sekitar 10.582 kilometer persegi. Inilah dataran yang menjadi salah satu penghasih garam terbesar di dunia. Setiap tahunnya hampir sebanyak 25.000 ton garam dihasilkan dari daratan ini (idntimes.com).

Transformasi dari danau Minchin, sebuah danau yang sangat besar pada sekitar 30.000 sampai 42.000 tahun yang lalu mengering lalu menyisakan genangan air dan daratan garam yang besar, inilah asal terbentuknya daratan Salar de Uyuni ini. Daratan garam ini juga menjadi sumber penghasil garam yang kaya dengan kandungan lithium, sekitar 50 sampai 70 persen cadangan lithium seluruh dunia. Lithium adalah komponen utama dalam baterai yang punya fungsi vital buat ponsel, laptop, bahkan mobil listrik (idntimes.com). Dengan estimasi sembilan juta ton lithium yang dikandung dataran garam Uyuni, Bolivia memiliki cadangan 43 persen lithium di dunia.

Selain itu, Salar de Uyuni juga menjadi habitat dari tiga spesies flamingo Amerika Selatan berwarna merah jambu. Warna merah jambu ini diduga berasal dari alga. Ketiganya adalah flamingo Chili, flamingo Andes dan flamingo James.

Daratan ini bisa dikunjungi baik di musim panas maupun hujan/dingin. Pada musim hujan antara bulan Desember sampai April, pengunjung bisa menyaksikan dataran garam Uyuni yang merefleksikan keadaan langit. Namun patut diwaspadai, curah hujan yang tinggi pada Desember dan Januari justru bisa membatalkan niatmu mengunjungi dataran garam Uyuni. Pada musim kemarau yang terjadi pada bulan Mei hingga November, suhu di sana malah lebih dingin. Keuntungannya, dataran di sana lebih mengeras sehingga wisatawan bisa menjangkau setiap jengkal dataran garam Uyuni.
Sumber: https://www.idntimes.com/travel/destination/sukma-satiti/fakta-unik-salar-de-uyuni-dataran-garam-terluas-di-dunia-c1c2/full

Disunting oleh: HOOD

Share

Tags: , , ,

Comments are closed.