A A
RSS

Agar Bebas dari Kuman, Bersihkan Telenan Kayu Anda dengan Garam dan Lemon

 

Cara mencuci talenan kayu yang benar agar terbebas dari kotoran, kuman, dan jamur adalah hanya dengan garam dan lemon bukan sabun.

Talenan yang biasanya berupa talenan kayu merupakan salah satu barang wajib di dapur untuk memotong bahan masakan. Jika Anda memiliki talenan kayu, jangan abaikan kebersihan talenanmu karena perabot dapur ini rentan terkontaminasi kuman.

Bagaimana sih cara untuk memberishkan talenan kayu ini?

Karena mudah lembab sehingga bisa jadi sarang bagi bakteri dan jamur berkembang biak, kamui tentunya butuh lebih dari sekadar sabun cuci biasa.
Ketika kita menggunakan sabun, sisa-sisa sabun justru bisa tertinggal dan membuat bahan makanan terkontaminasi zat-zat kimia.
Lain kali, cobalah gunakan jeruk lemon dan garam untuk membersihkan talenan kayumu.

Bagaimana caranya?
1. Lumuri Talenan dengan Air Perasan Lemon
Lumurkan air perasan lemon di talenanmu. Kemudian taburkan garam.
2. Gosok dengan Spons Kasar
Gosoklah permukaan talenan kayu dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Jika talenan kayu memiliki 2 sisi, lakukan hal yang sama pada sisi talenan yang lain. Lakukan hingga permukaan talenan kayu tampak lebih bersih dari sebelumnya.
3. Bilas dengan Air Hangat
Setelah talenan kayu digosok merata, didiamkan 5 hingga 10 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air hangat. Pastikan tidak ada sisa air perasan lemon dan garam yang tertinggal pada talenan kayu.
4. Keringkan dengan Menjemur
Agar talenan kayu kering sempurna dan tidak berjamur, jemurlah talenan di bawah terik sinar matahari selama beberapa saat hingga talenan benar-benar kering dan siap digunakan kembali. Simpan talenan kayu di tempat yang kering ketika sedang tidak digunakan.

Lemon mengandung asam yang ampuh membunuh bakteri dan organisme lainnya yang bersarang pada permukaan talenan kayu. Sementara itu, garam yang bertekstur kasar memiliki manfaat untuk melepas kotoran-kotoran yang sudah mengering.
Silahkan mencoba…
Sumber: http://style.tribunnews.com/2018/11/16/cara-mencuci-talenan-kayu-yang-benar-agar-bebas-kuman-dan-jamur-cukup-dengan-lemon-dan-garam?page=all.

Disunting Oleh: HOOD

Share

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Comments are closed.